Rekomendasi Penginapan Pantai Goa Langir

Sedang mencari penginapan dekat Pantai Goa Langir? Nah, berarti kamu sedang membaca tulisan yang tepat. Akan ada daftar rekomendasi penginapan yang diurutkan berdasarkan kenyamanan dan fasilitasnya.

Seperti yang kita tahu, Pantai Goa Langir jadi salah satu Pantai Sawarna yang sedang hits khususnya di sosmed seperti TikTok dan Instagram. Banyak videonya dengan jumlah penonton ratusan hingga jutaan.

Karena pengunjung pantai ini kebanyakan dari luar kota maka banyak yang memutuskan untuk bermalam, terlebih di Sawarna ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Jadi selain mendirikan tenda, pengunjung juga bisa bermalam di penginapan.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa jumlah penginapan yang letaknya dekat dengan Pantai Goa Langir jumlahnya masih terbatas. Juga, penginapan yang letaknya ada di dekat bibir pantai kebanyakan memiliki fasilitas yang seadannya.

Nah, pada tulisan kali ini saya akan membagikan daftar penginapan dekat Pantai Goa Langir berdasarkan tingkat kenyamanan dan fasilitasnya.

Lokasi Pantai Goa Langir

Pantai Goa Langir berada di kawasan Desa Wisata Sawarna, posisinya tidak jauh dari Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, dan Pantai Karang Bokor. Letaknya pintu masuknya yang cukup terpecil membuat pantai ini agak sulit ditemukan.

Itu sebabnya, pantai ini awalnya jadi salah satu hidden gem –selain Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Taraje–di Sawarna karena jarak ada yang wisatawan yang berkunjung. Suasana sepi, pepohonan lebat, tebing batu, goa-goa, dan sering banyak sampah membuatnya jadi pantai yang cukup menyeramkan.

Berbeda dengan sekarang pintu masuknya sudah memiliki gapura dan jalan masuknya sudah lebih baik dari sebelumnya. Namun untuk kebersihannya masih perlu dapat perhatian dari pihak pengelola.

Alamat Pantai Goa Langir beada di koordinat 27FR+VGM, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kode posnya 42393. Untuk memudahkan sampai lokasi bisa menggunakan Google Map.

Harga Tiket Masuk

Untuk yang belum tahu, bahwa kini harga tiket masuk Pantai Goa Langir ada kenaikan sejak viral. Sebenarnya untuk tiket masuk pantai di sekitar juga pada naik, semoga saja ini jadi pertanda pihak terkait akan serius mengelola pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Langir

Tiket MasukHarga
DewasaRp10.000
CampRp25.000
*HTM di atas bisa berubah di kemudian hari

Namun perlu kamu tahu, bahwa biaya mendirikan tenda belum termasuk fasilitas kamar mandi. Pengunjung harus membayar lagi jika ingin menggunakan toilet atau kamar mandi.

Rekomendasi Penginapan Pantai Goa Langir

Sebenarnya untuk bermalam lebih terjangkau jika mendirikan tenda di sekitar bibir pantai, hanya saja untuk saat ini Pantai Goa Langir belum memiliki fasilitas pendukung yang memdai sebagai pantai untuk ngcamp.

Jadi, untuk yang cari penginapan dekat Pantai Goa Langir bisa mempertimbangkan salah satu penginapan dari daftar rekomendasi berikut.

Sawarna Resort

Sawarna Resort, penginapan dekat Pantai Goa Langir
Sawarna Resort, salah satu penginapan dekat Pantai Goa Langir / BamTri78

Penginapan Sawarna Resort masuk urutan satu bukan tanpa sebab, hal ini karena selain jaraknya hanya sekitar 300 meteran dari Pantai Goa Langir juga memiliki fasilitas dan tempat yang nyaman untuk bermalam.

Terdapat beberapa tipe kamar yang tersedia: untuk jumlah peserta 2-3 orang bisa menggunakan Deluxe Double Bed dan Deluxe Twin Bed, dan untuk yang rombongan 5-8 orang bisa menggunakan Barak, dan Family.

Untuk harga kamarnya sepadan dengan fasilitas kamar dan lingkungannya. Fasilitas kamar sudah AC, WiFi, TV satelite, Lemari pendingin, teko pemanas, perlengkapan mandi, kamar mandi dengan shower heater dll.

Untuk harga Deluse mulai Rp495 ribu untuk weekday, sudah termasuk sarapan untuk 2 orang. Barak mulai Rp825 ribu untuk weekday. Untuk informasi lengkapnya sudah saya tulis secara khusus ulasannya di postingan Sawarna Resort.

Little Hula Hula

Villa Little Hula Hula Sawarna
Salah satu tipe kamar di Little Hula Hula / Ismail Haniya

Penginapan Little Hula Hula bisa jadi opsi untuk yang liburan ke Sawarna dengan jumlah peserta dengan jumlah 2, 4, 8, 12, 16 orang, namun tipe kamar yang tersedia kebanyakan untuk kapasitas 4 orang.

Untuk jarak dari penginapan ini ke Pantai Goa Langir sekitar 500 meteran. Memiliki area parkir kendaran sendiri, bahkan untuk beberapa tipe kamar kendaraan bisa parkir langsung di depan kamar.

Kamar yang tersedia di Little Hula Hula terdiri dari Rimba, Laguna, Zamrud, dan Paradiso. Bentuk bangunan kamarnya ada yang berbentuk gedung(Laguna) dan satu kamar satu panggung (Rimba, Zamrud, Paradiso).

Harga sewa kamarnya mulai Rp400 ribu s/d Rp550 ribu per malam. Khusus untuk tipe Laguna ada kamar dengan 1 tempat tidur double kapasitas 2 orang. Harga per malamnya mulai Rp350 ribu per malam.

Untuk lebih jelas mengenai fasilitas dan harga bisa simak pada salah satu tulisan Sawarna Net berjudul Villa Little Hula Hula.

Sawarna Paradiso

Sawarna Paradiso
Penampakan luar kamar di Sawarna Paradiso / Andri Wijaya

Untuk yang ingin bermalam di penginapan dengan desain bangunan yang unik bisa coba di Sawarna Paradiso. Material bambum banyak mendominasi setiap sudut bangunan kamarnya, baik interior maupun eksteriornya.

Namun kebanyakan yang tersedia di Sawarna Paradiso merupakan kamar untuk kapasitas 2 orang, tapi jika jumlah tamunya 3 orang bisa juga dengan menambah extra bed. Sedangkan kamar untuk 4 orang jumlahnya tidak banyak.

Harga kamarnya mulai 400 ribu per malam untuk tipe standar kapasitas di hari biasa, sedangkan untuk kamar deluxe room kapasitas 4 orang mulai Rp600 ribu per malam. Harga tersebut belum termasuk sarapan.

Letak Sawarna Paradiso berada di jalan utama Desa Sawarna, jadi kendaraan mobil bisa parkir langsung di area penginapan. Jarak dari Pantai Goa Langir sekitar 750 meteran, sedikit agak jauh jadi perlu naik kendaraan untuk ke pantai.

Villa Batu Sawarna

Villa Batu Sawarna
Bentuk kamar minimalis, dengan jumlah unit yang terbatas / Atoe mtvm

Villa Batu Sawarna bisa jadi salah satu opsi tempat bermalam jika ingin penginapan yang lokasinya berada di jalan desa tidak jauh dari Pantai Goa Langir, jaraknya sekitar 700 meteran. Kendaraan mobil dan motor bisa parkir langsung di penginapan.

Terletak di pinggir jalan raya, aksesnya mudah untuk kemana-mana. Juga yang bisa jadi pertimbangan yaitu kamarnya memiliki fasilitas yang memadai dan lingkungan yang nyaman. Banyak tamunya yang merasa nyaman bermalam di Villa Batu Sawarna.

Untuk fasilitas kamar yang tersedia yaitu satu tempat tidur + 1 extra bed. Kamar mandi yang bersih dan ada dapur umumnya. Penginapan ini juga cocok untuk keluarga karena ada tempat bermain anak.

Pondok Pesona Sawarna

Penginapan Pondok Pesona Sawarna
Deretan unit kamar Pondok Pesona Sawarna / Fuzi Rizki Kurnia

Sedangkan untuk penginapan Pondok Pesona Sawarna lokasinya berada sangat dekat dengan Pantai Goa Langir, bahkan depan kamar langsung menghadap ke bibir pantainya. Kendaraan motor dan mobil bisa parkir di penginapan.

Hanya saja untuk kamar yang tersedia di penginapan ini memiliki fasilitas yang seadanya dan ukuran kamar yang tidak besar. Kebanyakan kamar yang tersedia tidak menggunakan AC, pendinginnya menggunakan kipas saja.

Penginapan ini cocok untuk yang mencari tempat bermalam hanya untuk tempat tidur saja. Untuk yang terbiasa berada di ruangan ber-AC dan liburan bersama keluarga yang ada anak kecilnya mungkin penginapan ini kurang direkomendasikan.

Untuk harga sewa kamarnya mulai Rp250 ribu di hari biasa, di akhir pekan dan libur panjang mungkin di kisaran Rp300 ribu s/d Rp400 ribu per malam. Harga kamarnya mungkin masih bisa nego.

Villa Mang Engkos

Villa Mang Engkos
Tampilan depan kamar dari Villa Mang Engkos / Sonya Saja

Villa Mang Engkos berada sangat dekat lokasinya ke Pantai Goa Langir, posisinya di dalam setelah pintu masuk. View depan kamar langsung ke pantai.

Untuk kamarnya ada yang AC dan non-AC, namun untuk fasilitas dan kenyamanannya masih standar. Beberapa tamu bahkan ada yang mengeluhkan kamar AC yang masih panas atau bahkan AC-nya tidak bekerja.

Selain yang per kamar juga ada yang berbentuk satu rumah, cocok untuk yang liburan bersama rombongan karena bisa menampung 10-15 orang. Untuk fasilitas yang rumah sudah ada dapur dll.

Harga sewa untuk yang per kamar mulai dari Rp250 ribu hingga Rp400 ribu per malamnya. Sedangkan untuk yang satu rumah mulai Rp500 ribu sampai 700 ribu per malam. Jika akan bermalam lebih dari satu malam kemungkinan masih bisa nego.

Cariang Resort

Cariang Resort
Tersedia kamar rumah panggung dan per kamar tembok

Cariang Resort merupakan salah satu penginapan dekat Pantai Goa Langir yang sudah ada sejak dulu. Letaknya di jalan utama Desa Sawarna, namun dekat dengan pintu masuk.

Memiliki jumlah kamar yang bisa menampung banyak orang, bisa untuk rombongan 20-30 orang. Tersedia tipe kamar ber-AC dan non-AC, dengan kapasitas kamar 2-4 orang. Hanya untuk fasilitasnya terbilang sederhana.

Sedangkan untuk tarif bermalam mulai Rp250 ribu sampai Rp350 ribu di hari biasa. Tarif untuk akhir pekan dan libur panjang di kisaran Rp400 ribu sampai Rp550 ribu per malamnya.

Kendaraan mobil dan motor bisa parkir langsung di penginapan, bahkan bisa parkir langsung di depan kamar untuk beberapa tipe kamar.

Kesimpulan

Jumlah penginapan dekat Pantai Goa Langir yang memiliki fasilitas yang memadai jumlah masih sedikit, kebanyakan masih penginapan dengan fasilitas seadanya, kadang kebersihan dan kenyamanan juga masih kurang.

Jadi, jika ingin bermalam di penginapan yang nyaman maka saran saya sebaiknya sediakan budget lebih. Jarak agak jauh tidak masalah, asal bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Oh iya, jika ingin dapat harga penginapan yang lebih murah bisa berkunjung di hari biasa. Dan sebaiknya pilih penginapan yang sudah include sarapan, biar tidak kesulitan cari sarapan, karena di sekitar Pantai Goa Langir masih sedikit warung atau rumah makan.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi penginapan Pantai Goa Langir berdasarkan tingkat kenyamanan dan fasilitas kamarnya. Jika ada pertanyaan bisa kirim lewat kolom komentar. Kira-kira bahas apa lagi ya?

Komarudin
Komarudin

Hai, terima kasih sudah membaca tulisanku. Senang rasanya bisa menulis tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pariwisata, dan budaya. Jika perlu penulis bisa hubungi lewat akun sosial mediaku ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *