Cara ke Pantai Goa Langir Naik Kereta

Salah satu pantai di Lebak-Banten yang sedang ng-hits yaitu Pantai Goa Langir. Nah, Bisakah ke Pantai Goa Langir naik kereta agar bisa lebih hemat biaya perjalanan? Jawabannya tentu saja bisa.

Banyak orang ingin merasakan langsung keindahan Pantai Goa Langir karena banyak video yang mengulas pantai ini di TikTok viral, penontonnya sudah ratusan ribu bahkan hingga jutaaan.

Hal ini karena pantai ini memiliki daya tarik pemandangan yang indah, bahkan ada yang menyatakan suasananya mirip dengan di Bali. Pantainya masih alami, berpasir putih, banyak pohon rindang, dan tebing batu menjulang tinggi.

Selain itu, di sekitar bibir pantainya juga ada beberapa goa yang bisa wisatawan kunjungi. Goa paling ujung sering jadi spot foto favorite.

Rute ke Pantai Goa Langir Naik Kereta

ke Pantai Goa Langir Naik Kereta
Cara ke Pantai Goa Langir naik kereta

Untuk yang ingin mengunjungi Pantai Goa Langir dengan biaya perjalanan yang lebih terjangkau dan lebih santai maka bisa menggunakan KRL Jabodetabek,

Jika dari Jakarta, maka hanya perlu berangkat menggunakan KRL dari stasiun Tanah Abang dan berhenti di stasiun Rangkasbitung. Untuk yang dari wilayah sekitarnya bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Stasiun terdekat dengan Pantai Goa Langir yaitu stasiun Rangkasbitung. Jadi jika naik dari stasiun yang tidak sejalur dengan stasiun Rangkasbitung, maka stasiun Tanah Abang bisa jadi tujuan sebagai stasiun transitnya.

Hal ini karena kereta yang menuju stasiun Rangkasbitung untuk saat ini hanya tersedia dari stasin Tanah Abang di peron 5 dan peron 6.

Untuk yang berasal dari wilayah lainnya bisa coba mingikuti pentunjuk berikut.

  • Bogor: bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota dan turun di stasiun Manggarai. Selanjutnya dari stasiun Manggarai transit menuju stasiun Tanah Abang.
  • Jakarta Kota: naik KRL tujuan Bogor, kemudian turun di stasiun Manggarai. Selanjutnya dari stasiun Manggarai tinggal transit di stasiun Tanah Abang.
  • Bekasi: naik KRL tujuan stasiun Kampung Badan, dilanjutkan menuju stasiun Jatinegara. Selanjutnya dari stasiun Jatinegara menuju stasiun Manggarai, dan dari stasiun Manggarai transit menuju stasiun Tanah Abang.
  • Tangerang: bisa naik KRL dengan tujuan stasiun Duri, kemudian tinggal transit menuju stasiun Tanah Abang.

Naik KRL menuju Rangkas Bitung

Dari stasiun Tanah Abang, KRL akan melaju melewati beberapa stasiun: Palmerah, Kebayoran, Pondok Ranji, Jurang Mangu, Sudimara, Rawa Buntu, Serpong, Cisauk, Cicayur, Parung Panjang, Cilejit, Daru, Tenjo, Tigaraksa, Cikoya, Maja, Citeras, dan berhenti di Stasiun Rangkasbitung.

Waktu tempuh dengan naik KRL dari stasiun Tanah Abang menuju stasiun Rangkabitung sekitar 2 jam perjalanan. Sesampainya di stasiun Rangkas bitung, selanjutnya tinggal berjalan ke arah pintu keluar stasiun, dan perjalanan bisa dilanjutkan dengan DAMRI.

Naik DAMRI Menuju Pantai Goa Langir

Tidak jauh dari stasiun Rangkasbitung ada pool DAMRI dengan rute Rangkasbitung-Malingping-Bayah-Sawarna. Untuk tiketnya bisa beli secara online atau langsung bayar ke supir.

Tersedia tiga opsi akutan DAMRI, ada layanan KSPN, reguler, dan shuttle. Untuk layanan KSPN menggunakan bus HiAce dan layanan reguler menggunakan bus besar dengan jadwal keberangkatan masing-masing tersedia setiap hari.

Sedangkan untuk layanan shuttle menggunakan bus HiAce dengan jadwal keberangkatan yang hanya ada pada akhir pekan dan tanggal merah Nasional. Khusus untuk layanan shuttle, DAMRI akan melakukan antar-jemput ke rumah penumpang.

Jadwal dan tarif DAMRI Stasiun Rangkasbitung-Pantai Sawarna

DAMRI dengan rute Rangkasbitung-Malingping-Bayah-Sawarna tersedia setiap hari di jam-jam yang sudah ditentukan.

  • Layanan KSPN, jadwal keberangkatan pukul 07.30 WIB. Tarifnya mulai Rp 50.000 per penumpang.
  • Layanan reguler, jadwal keberangkatan pukul 11.30 WIB dengan tarif mulai Rp 60.000 per penumpang.
  • Layanan shuttle, jadwal keberangkatan pukul 07.20 WIB dengan tarif mulai Rp 80.000 per penumpang.

Jadwal dan tarif DAMRI Pantai Sawarna-Stasiun Rangkasbitung

Begitupun dengan DAMRI rute Sawarna-Bayah-Malingping-Rangkasbitung tersedia setiap hari dengan jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan.

  • Layanan KSPN, jadwal keberangkatan pukul 12.20 WIB dengan tarif mulai Rp 50.000 per penumpang.
  • Layanan reguler, jadwal keberangkatan pukul 05.20 WIB dengan tarif mulai Rp 60.000 per penumpang.
  • Layanan shuttle, jadwal keberangkatan pukul 12.35 WIB dengan tarif mulai Rp 80.000 per penumpang.

Jika ingin berhenti dekat pintu masuk Pantai Goa Langir, maka bisa minta ke supir untuk berhenti di pintu masuknya. Patokannya setelah turunan curam dan sebelum gapuran selamat datang.

Hal Menarik dari Pantai Goa Langir

Untuk yang berencana datang ke Pantai Goa Langir tentu penasaran dengan hal menarik apa saja yang bisa pengunjung temukan atau lakukan ketika berada di pantai ini?

Nah, berikut beberapa hal menarik dari Pantai Goa Langir.

Bermain pasir

Pantai Goa Lengir memiliki bibir pantai berpasir putih dengan tekstur halus dan minim batuan, sehingga cocok untuk bermain pasir. Jadi jika berkunjung ke pantai ini bersama anak-anak sebaiknya membawa peralatan bermain pasir.

Dengan bibir pantai yang lebar dan panjang membuat pengunjung bebas memilih lokasi untuk bermain pasir. Namun jika ingin membuat berbagai bentuk dari pasir sebaiknya memilih area pasir yang basah.

Bermain air

Area bibir pantainya cukup lebar, jadi meski ombak di pantai ini besar namun masih aman untuk bermain air di pinggir bibir pantainya. Namun harus tetap menjaga jarak untuk tidak terlelu tengah.

Untuk anak-anak, jika akan bermain air sebaiknya tetap harus dalam pantauan orang dewasa, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Akan lebih baik jika menggunakan pelambung.

Sebaiknya hindari bermain air di area bibir pantai yang banyak batu karangnya, karena selain mengganggu kelestarian biota laut, juga cukup berbahaya, terlebih banyak batu karangyang tajam.

Camping di pinggir pantai

Pengunjung bisa mendirikan tenda di sekitar bibir pantai dengan membayar biaya Rp25.000 per tenda. Biaya mendirkan tenda bisa dibayar sekalian saat membayar tiket masuk.

Hanya saja di Pantai Goa Langir belum tersedia fasilitas pendukung yang memadai. Seperti kamar mandi yang jumlah yang terbatas dan harus membayar lagi.

Untuk mendirikan tenda sebaiknya memilih area yang tidak terlalu dekat dengan bibir pantai agar tidak terendam saat air laut pasang.

Banyak spot foto menarik

Sayang sekali jika berkunjung ke Pantai Goa Langir tanpa mengabadikannya dalam foto atau video. Terlebih, hampir setiap orang kini memiliki ponsel dengan kamera yang bagus.

Pantai ini memiliki banyak spot foto yang instagramable, seperti dekat tebing batuan, latar belakang hamparan pasir putih, dan yang paling populer spot foto di mulut goa yang menghadap ke bibir pantai.

Selain itu, salah satu momen paling bagus yang dapat diabadikan pada saat matahari terbenam. Pantai adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keajaiban alam ini dan mengambil foto-foto yang memukau.

Gunakan teknik komposisi yang baik, seperti aturan sepertiga, dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan pengaturan kamera untuk menangkap keindahan warna-warni langit senja.

Mencoba masuk goa

Di Pantai Goa Langir juga terdapat beberapa goa yang bisa wisatawan masuki, seperti Goa Harta Karun, Goa Kanekes, Goa Seribu Candi, dan Goa Langir.

Letak goa-goa tersebut ada yang berada di dekat pintu masuk, dekat bibir pantai, hingga di atas bukit. Untuk memasuki goa harus ekstra hati-hati dan sebaiknya menggunakan jasa pemandu.

Panjat tebing

Tebing batuan yang menjulang tinggi di Pantai Goa Langir sering jadi lokasi panjat tebing oleh para penghobi olahraga alam bebas tersebut. Pada dinding batuan juga biasanya masih tersisa paku logam(pitom) yang berkarat.

Nah, untuk yang memiliki hobi panjat tebing maka bisa coba melakukan di Pantai Goa Langir. Namun, untuk melakukannya harus bersama komunitas atau tim ahli ya.

Menikmati pemandangan sunset

Pemandangan sunset di Pantai Goa Langir juga tidak kalah indah, terlebih saat cuaca sedang cerah. Tentu saja saja, suasana saat matahari mulai tenggelam akan memberi kesan romantis juga.

Untuk menikmati sunset di Pantai Goa Langir maka berkunjung pada sore hari. Namun akan lebih leluasa jika menikmasi sunset jika bermalam, bisa dengan camping atau menginap di penginapan sekitar.

Mancing mania

Untuk yang memiliki hobi mancing, maka bisa coba mancing di pinggir pantai atau menyewa perahu nelayan. Untuk itu jangan lupa untuk membawa peralatan mancing. Karena di sekitar pantai belum ada penyewaan alat pancing.

Jika ingin mancing di pinggir pantai bisa pilih lokasi dekat batuan karang atau pilih lokasi yang sekiranya cocok.

Rekomendasi Penginapan Pantai Goa Langir

Untuk wisatawan yang berasal dari luar daerah tentu saja pasti perlu bermalam. Nah, selain bisa mendirikan tenda, juga bisa coba bermalam di penginapan berikut yang letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Goa Langir.

Berikut beberapa penginapan dekat Pantai Goa Langir dengan kamar yang nyaman dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Sawarna Resort

Sawarna Resort jadi salah satu rekomendasi penginapan yang letaknya tidak jauh dari Pantai Goa Langir. Lokasinya di jalan raya desa Sawarna, kendaraan mobil bisa parkir langsung, dan ke pantai bisa jalan kaki.

Terdapat beberapa tipe kamar seperti kamar Deluxe kapasitas 2 orang, Barak 5 orang, dan Family 4-6 orang. Harganya mulai Rp495 ribu s/d Rp2.7jt per malam, sudah termasuk sarapan. Dan fasilitas kamarnya sudah cukup lengkap, termasuk ada WiFi.

Untuk ulasan lengkapnya bisa simak pada tulisan >>> Sawarna Resort

Little Hula Hula

Lokasi penginapan Little Hula Hula memang agak sedikit jauh dari Pantai Goa Langir, sekitar 500 meteran lebih. Namun di penginapan ini tersedia banyak kamar dengan beberapa tipe, ada yang untuk 2 orang dan kebanyakan untuk kapasitas 4 orang.

Kamar yang tersedia di Little Hula Hula terdiri dari Rimba, Laguna, Zamrud, dan Paradiso. Bentuk bangunannya ada yang berbentuk gedung(Laguna) dan satu kamar satu panggung (Rimba, Zamrud, Paradiso).

Harga sewanya mulai Rp400 ribu s/d Rp550 per malam untuk akhir pekan. Khusus untuk kamar Laguna ada kamar dengan 1 tempat tidur kapasitas 2 orang. Harga per malamnya mulai Rp350 ribu.

Sawarna Paradiso

Untuk yang ingin bermalam di penginapan dengan desain bangunan yang unik bisa coba di Sawarna Paradiso. Material bambum banyak mendominasi setiap sudut bangunan kamarnya, baik interior maupun eksteriornya.

Namun kebanyakan yang tersedia di Sawarna Paradiso merupakan kamar untuk kapasitas 2 orang, tapi jika jumlah tamunya 3 orang bisa juga dengan menambah extra bed. Sedangkan kamar untuk 4 orang jumlahnya tidak banyak.

Harga kamarnya mulai 400 ribu per malam untuk tipe standar kapasitas di hari biasa, sedangkan untuk kamar deluxe room kapasitas 4 orang mulai Rp600 ribu per malam. Harga tersebut belum termasuk sarapan.

Letak Sawarna Paradiso berada di jalan utama Desa Sawarna, jadi kendaraan mobil bisa parkir langsung di area penginapan. Jarak dari Pantai Goa Langir sekitar 750 meteran, sedikit agak jauh jadi perlu naik kendaraan untuk ke pantai.

***

Selain penginapan di atas, ada juga beberapa penginapan yang lokasinya sangat dekat dengan bibir pantai. Hanya saja kamar dan fasilitasnya masih seadanya, untuk ulasan lengkapnya bisa baca tulisan: Rekomendasi Penginapan Pantai Goa Langir.

Tips Berkunjung ke Pantai Goa Langir

Agar kunjung ke Pantai Goa Langir bisa berjalan dengan lancar dan bisa memberikan kesan menyenangkan, maka bisa beberapa tips berikut.

  • Untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke Pantai Goa Langir sebaiknya berkunjung pada musim kemarau seperti bulan Juni-Agustus.
  • Hindari berkunjung saat musim hujan karena selain pemandangannya kurang bagus, juga bibir pantainya biasanya banyak sampah dan air lautnya keruh.
  • Jangan lupa membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena ATM atau mini market agak jauh jaraknya.
  • Jika ingin mendapat suasan pantai yang lebih tenang dan minim pengunjung bisa datang di hari biasa.
  • Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya hindari berenang terlerlalu tengah, arus alutnya cukup kencang, dan ombaknya besar.
  • Tidak membuang sampah sembarangan dan membawa pulang sampah merupakan bentuk keikut sertaan dalam menjaga kelestarian pantai.

Nah, demikian tulisan mengenai cara ke Pantai Goa Langir menggunakan kereta dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan sekitarnya. Jika ada pertanyaan atau punya pengalaman berbeda bisa dikirim lewat kolom komentar.

Komarudin
Komarudin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *